Translate Di Sini.......

Rabu, 18 Januari 2012

Peluang Pasar Dan Merintis Usaha Dari Awal



pemasaran merupakan kegiatan yang penting dalam perkembangan bisnis rumahan. Suksesnya penjualan dapat dilihat jumlah produk atau jasa dari bisnis rumahan ini dapat memenuhi kebutuhan dan selera pasar. Bagaimana caranya agar Anda tahu selera pasar?

Pemasaran dalam Bisnis Rumahan
Tujuan dari pembuatan rencana pemasaran adalah agar konsumen datang, mau membeli, lebih sering membeli, dan membeli lagi dalam jumlah yang banyak. Untuk mencapai hal tersebut, ada tiga faktor yang mempengaruhi penjualan, yaitu kegiatan pemasaran, periklanan, dan jejaring usaha (networking). Ketiga faktor ini akan mempengaruhi image produk atau jasa yang Anda usahakan.

Cakupan kegiatan yang Anda lakukan adalah menentukan harga, merencanakan sebuah iklan, melakukan promosi, mempunyai informasi peluang pasar, dan mengenali para pesaing dengan produk serupa atau produk substitusi. Kegiatan di atas dapat Anda raih dengan cara melakukan riset pasar dan perluasan jaringan kerja yang sesuai dengan jenis bisnisnya.

Penentuan Harga Jual ke Konsumen
Harga yang baik adalah bersifat win-win solution, yaitu harga yang pantas dibeli konsumen dan berkualitas baik, tetapi cukup memberikan keuntungan yang diinginkan bagi pemilik bisnis. Walaupun kadang harga mahal tetap dibeli oleh konsumen, tetapi lebih banyak orang yang ingin membeli barang dengan harga murah dan berkualitas baik. Bagaimana caranya Anda menentukan harga seperti itu?

Pendekatan untuk menentukan harga dapat dilakukan dengan tiga cara sebagai berikut.

• Pendekatan dari modal dan biaya-biaya, yaitu dengan cara menjumlahkan semua biaya dan modal yang diperlukan untuk memproduksi produk, lalu dicari harga satuan produk dari banyaknya yang diproduksi.

• Pendekatan dari daya beli konsumen, yaitu dengan cara membuat survei harga pasar yang sering digunakan konsumen untuk membeli satu jenis produk yang hendak dijual. Selain itu juga perlu dilakukan survei harga yang diinginkan konsumen untuk membeli satu produk baru.

• Pendekatan dari harga pesaing usaha, yaitu melihat harga produk sejenis yang paling banyak dibeli konsumen dari produsen lain.

Pendekatan di atas dapat dilakukan bersama-sama untuk mendapatkan harga yang paling baik. Selain pendekatan di atas, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebagai berikut.

• Harga modal awal murah didapat dengan cara membeli langsung pada produsen langsung; membuat sendiri dengan aturan dan standar yang disarankan; dan pemilihan bahan baku yang baik, tetapi ekonomis. Menentukan tingkat keuntungan yang tidak terlalu besar, tetapi dapat menjualnya dengan jumlah yang lebih banyak.

• Bersaing dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing usaha yang ada di sekitar lokasi usaha. Menekan kegiatan yang memakan biaya besar. Caranya dengan melakukan efisiensi dan efektivitas biaya operasional sehari-hari.

• Meminjam sistem jaring usaha (multi level marketing) dengan mencari teman atau saudara untuk membantu memasarkan produk/jasa yang diusahakan dengan perjanjian keuntungan yang telah disepakati.

Survei dan Selera Pasar
Untuk memahami daya beli dan gaya hidup konsumen diperlukan satu survei pasar. Dalam survei tersebut diamati mengenai:
• jenis pasar dan konsumen yang menjadi sasaran,
• para pesaing,
• tren yang sedang berlangsung pada saat ini, dan
• ramalan tren di masa yang akan datang.

Cara yang Anda lakukan bisa bermacam-macam, mulai dari mengamati dari jauh, bertanya-tanya dengan para pelanggan, atau bahkan langsung menjadi konsumen dan berbincang-bincang ringan saat berbelanja. Lakukanlah beberapa kali sehingga informasi yang didapat benar-benar akurat.

Bacalah riwayat hidup atau berdiskusilah dengan orang-orang yang cukup sukses melakukan usaha sejenis. Catat cara mereka melihat peluang pasar dan merintis usaha dari awal.

Untuk menilai tren peluang pasar yang sedang berjalan dapat Anda lakukan dengan membaca informasi terkini (up to date). Atau amati lingkungan dan perilaku masyarakat sekitar, baik dari pengamatan langsung maupun media lainnya. Jika cukup jeli, Anda dapat membaca tren yang ada sehingga dapat meramalkan arah tren tersebut akan berjalan. Contohnya, untuk usaha tanaman hias, jangan segan-segan mengunjungi pameran-pameran tanaman hias yang marak dilakukan di kota-kota besar.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Keren Komend Dong..?