Translate Di Sini.......

Rabu, 18 Januari 2012

Bisnis Investasi Properti Menjanjikan Keuntungan Yang Besar



Selain menjadi tempat tinggal, rumah dapat dijadikan sebagai sarana investasi. Hal ini ditandai juga dengan banyaknya pihak pengembang (developer) atau para pelaku bisnis di sektor properti atau real estate. Untuk menjalani bisnis ini, Anda dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut.

Kelebihan dan Keuntungan Menjalani Bisnis Rumah
Berikut ini beberapa faktor yang membuat bisnis rumah menjadi pilihan untuk investasi.
- Harga rumah yang cenderung naik beriring dengan kenaikan harga bahan bangunan.
- Tidak ada patokan khusus harga rumah sehingga Anda berpeluang mengambil keuntungan yang besar.
- Kebutuhan akan rumah dan tempat tinggal akan meningkat seiring dengan kenaikan jumlah penduduk.
- Semakin tinggi perkembangan ekonomi suatu daerah maka harga perumahan di daerah tersebut juga akan tinggi.
- Rumah yang Anda miliki dapat dijual atau disewakan.
- Dapat Anda jadikan sebagai tempat tinggal sementara.

Kelemahan dan Kekurangan Bisnis Rumah
Beberapa kelemahan dan kekuarangan bisnis properti berikut ini menjadi kendala banyak orang untuk menjalani bisnis ini.
- Memerlukan modal besar.
- Rumah sangat terkait dengan selera sehingga terkadang Anda sulit untuk menjualnya.
- Memerlukan biaya perawatan rumah yang tidak sedikit.
- Rawan bencana, seperti banjir atau kebakaran.

Berbagai Cara Menjalani Bisnis Rumah
Bisnis rumah (property) dapat Anda jalani melalui beberapa cara, di antaranya sebagai berikut.

- Menjadi developer perumahan dan apartemen
Menjadi developer perumahan berarti Anda terjun langsung menginvestasikan uang Anda untuk membeli lahan kosong untuk dibangun menjadi komplek perumahan atau apartemen. Dari biaya pembangunan yang Anda keluarkan, Anda dapat mengambil keuntungan saat menjualnya.

- Membeli rumah untuk dijual kembali
Anda dapat membeli rumah bekas pakai yang berharga murah, tetapi berpotensi untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli. Cara ini banyak dilakukan karena selain dapat digunakan untuk tempat tinggal sementara, Anda dapat menjualnya pada saat membutuhkan uang.

- Bisnis rumah kontrak
Anda dapat membeli tanah kosong, lalu membuat beberapa rumah kecil, lalu disewakan dengan biaya per bulan atau per tahun. Hal ini cukup menguntungkan karena Anda akan mendapatkan uang sewa secara periodik dan Anda dapat menjual rumah kontrakan tersebut saat Anda memerlukannya. Cara ini banyak dilakukan di Jakarta. Sebagai contoh Pak Hassan. Setelah pensiun, Pak Hassan membeli tanah di daerah Pasar Minggu seluas 500 m2. Tanah kosong tersebut dibangun menjadi 10 rumah sederhana yang terdiri dari 1 ruang tamu, ruang tengah, 1 kamar, dan kamar mandi. Setiap rumah yang dibangun, dikontrakkan dengan harga Rp 1 juta/ bulan. Dengan demikian, Pak Hassan mendapatkan keuntungan Rp 10 juta/bulan atau Rp 100 juta/tahun.
Dengan menjalani bisnis rumah kontrak, Pak Hassan tidak perlu memikirkan biaya listrik dan perawatan rumah. Hal ini disebabkan biaya listrik, telepon, dan perawatan rumah menjadi tanggungan pengontrak rumah.

- Bisnis kamar kost
Selain rumah kontrak, Anda juga dapat menjalani bisnis kamar kost. Untuk menjalaninya, Anda harus dapat memilih lokasi yang tepat untuk dijadikan kamar kost. Beberapa lokasi yang cocok untuk dijadikan bisnis kamar kost, antara lain sekitar kampus, perkantoran, atau pabrik.
Dengan menjalani bisnis kamar kost Anda akan mendapatkan keuntungan secara periodik dan berpeluang kecil untuk kehilangan penyewa kamar. Hal ini disebabkan penyewa kamar akan cenderung memperpanjang sewa selama merasa nyaman dan dekat dengan lokasi tempat beraktivitasnya.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Keren Komend Dong..?