Translate Di Sini.......

Rabu, 18 Januari 2012

Jeruk Nipis Dan Peluang Pasar




Pada dasarnya, agribisnis adalah usaha pertanian yang dirancang untuk mendapatkan nilai tambah ekonomi yang maksimal, dengan menghasilkan produk atau jasa yang diminta pasar. Prospek agribisnis jeruk nipis cukup cerah karena permintaan terhadap produk jeruk nipis, baik buah segar maupun basil olahannya, cenderung tentu meningkat dari tahun ke tahun.

Informasi peluang pasar jeruk nipis dapat diperoleh dari berbagai sumber, misalnya media massa dan media elektronik. Permintaan jeruk nipis di berbagai kota di Indonesia sangat beragam; di Jakarta lebih dari I ton/ hari, di Purwokerto dan sekitarnya mencapai 6 ton/bulan, di Malang dan Surabaya masing-masing tidak kurang dari 1 ton/minggu, sedangkan di Bali dan Kalimantan mencapai 10 ton/minggu. Golden Trullly dan Hero Pasar Swalayan di kota-kota besar mempunyai daya serap minimal ton/minggu.

Peluang pasar jeruk nipis tidak hanya terbuka lebar di pasar domestik, tetapi juga pasar luar negeri. Negara-negara yang memesan jeruk nipis antara lain Belanda, Yugoslavia, Singapura, Taiwan, dan Inggris.

Permintaan Singapura mencapai 1,5 ton setiap 3 hari, Taiwan 5 ton/minggu, dan Inggris 20 ton/bulan. Namun. belum semua permintaan tersebut terpenuhi. Selain mempunyai peluang pasar yang masih terbuka lebar, jeruk nipis juga mudah di pasarkan dan memiliki tingkat harga cukup tinggi, serta peluang produksi yang cenderung terus meningkat. Jeruk nipis dapat berbuah sepanjang tahun, dengan potensi produksi 81 kg buah segar/pohon/tahun.

Pengolahan jeruk nipis menjadi sirup dan tonik merupakan salah satu nilai tambah dari usaha agribisnis jeruk nipis. Pengolahan sirup jeruk nipis sudah dilakukan antara lain oleh kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Intan Kencana dan UPPKA Flamboyan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Saat ini, pasar lokal hanya mampu memasok bahan baku sebanyak 40% dari kebutuhan pabrik, sisanya mendatangkan buah jeruk nipis dari Lampung. Penggunaan buah jeruk nipis semakin meluas, antara lain dibutuhkan dalam industri jamu dan obat tradisional serta industri minuman, baik skala rumah tangga maupun pabrikasi.

Buah jeruk nipis tahan disimpan dalam suhu kamar sampai satu bulan dan mengandung gizi yang cukup tinggi dengan komposisi lengkap

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Keren Komend Dong..?