Translate Di Sini.......

Rabu, 11 Juli 2012

Tips menjaga hubungan yang baik dengan orang lain

haaloooo, saya kembali lagi dengan membahas tema tentang menjaga hubungan yang baik dengan orang lain, mukin sekarang tanpa orang lain, kita nda bisa dapatkn penggalaman, tp dengan kita bisa menjaga hubungan yang dengan baik dengan orang lain, pasti anda mendapatkn penggalaman yang b'arti langsung aja baca postingan ini..




Inilah 10 prinsip yang
oleh Dale Carnegie dalam bukunya “How to Influence People” sangat penting untuk dapat efektif menjalin hubungan dengan orang lain baik yang baru kita kenal maupun dengan yang sudah lama kita kenal. Yuk satu persatu kita coba perdalam.


1. Hindari SOK

Pernah berada pada posisi sebagai pihak yang dikeluhkan, diomelin dan disalahkan oang lain? Rasanya ngga enak banget yah. Sekarang coba merasakan hal ini saat kita menyalahkan orang lain, mengomel atau saat mengeluh karena beratnya pekerjaan atau banyaknya pekerjaan yang dikerjakan. Hmm sabar dulu bos, seperti prinsip yang pertama menyalahkan, mengomel dan mengeluh tidak menyelesaikan masalah karena tidak akan mengurangi beban yang kita rasakan. Coba berdamai dengan situasi tersebut dengan melihat dari sisi yang lain, yah lebih asertif menghadapi situasi yang ada. Lebih sabar menghadapi orang yang menyebalkan dan cobalah berbicara dengan baik kepada orang yang ngga paham-paham dengan apa yang kita instruksikan atau kalau menghadapi atasan cobalah diskusi mengenai pekerjaan yang ada. Supaya tips ini mudah diingat saya lambangkan dengan sebuah poster yang di tempelkan didinding dengan tulisan SOK.


2. Berilah pujian kepada orang lain

Memuji kelebihan dan pendapat orang lain mendatangkan sesuatu yang positif bagi kita. Pujian menunjukan kita menghargai orang lain dan mengakui prestasinya walaupun pengaruhnya kecil setidaknya usaha dari orang tersebut kita perhatikan. Siapa sih yang ngga suka di puji? Semua orang merasa senang kalau dipuji dan ini bukan monopoli wanita lho, hmmm apalagi yang memuji seorang yang penting buat kita pasti rasanya senang karena diperhatikan, so cobalah melakukan hal yang sama terhadap orang lain disekitar kita dari orang-orang yang paling dekat dengan kita di rumah maupun kepada rekan kerja kita di kantor. Contoh saat memasuki ruang kantor melihat rekan yang rapi langsung memuji penampilannya atau baru potong rambut memuji penampilan rambutnya yang baru atau hal kecil lainnya yang mungkin secara tidak sadar akan membuat orang lain gembira. Jangan berpikir kita obral pujian toh kita memuji ada dasarnya bukan asal-asalan. Saya membuat lambang untuk tips ini yaitu bunga mawar. Biasanya bunga mawar menandakan perhatian kita terhadap orang lain dan coba lihat bunga mawar laku banget tuh di jual di toko bunga.

3. Berilah penghargaan sekecil apapun prestasi yang dimiliki orang lain

Menghargai prestasi teman atau rekan kerja kita akan membuat suasana menjadi lebih cair. Ini bukan berarti menjilat lho yah tetapi memang rekan yang kita akui prestasinya benar-benar berhasil melakukan pekerjaanya dengan baik. Sebagai teman atasan, bawahan apabila kita diakui prestasinya meskipun tidak begitu besar dampaknya buat lingkungan namun rasanya kog yah lelah, capek, suntuk karena kerja tidak lagi dirasakan. Sebagai manusia yang bekerja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan penghasilan dari gaji namun lebih dari itu merupakan usaha untuk aktualisasi diri. Pengakuan orang lain akan meningkatkan rasa bangga dalam diri kita. Penghargaan disini bukanlah hal-hal yang besar seperti piala atau medali namun bentuk kecil seperti pujian seperti tips kedua atau menuliskan ”good, pertahankan laporannya bagus”. Tips ini saya lambangkan dengan bintang. Kalau kita perhatikan bintang dipakai dimana-mana untuk menunjukan kelas atau prestasi, misalnya Hotel diberi tanda bintang untuk menunjukan kelasnya. Dalam strata kepangkatan di bidang militer banyaknya bintang menunjukan tingkatan atau jabatanya. So mari kita jadi bintang buat orang lain.

4. Beri Perhatian yang tulus kepada orang lain

Saat memasuki suatu ruangan mengucapkan salam dan saat memasuki ruang kantor mengucapkan salam kepada rekan yang ada akan membuat rekan kerja atau orang yang kita temui menjadi senang dan suasana akan menjadi ceria penuh semangat. Memberi perhatian yang tulus dapat ditunjukan dengan memberi salam, mengucapkan selamat kepada rekan yang ulang tahun atau sedang merayakan sesuatu misalnya anaknya baru lulus sekolah, ultah perkawinan dll. Hal ini akan membuat orang lain merasa diperhatikan. Tips ini saya lambangkan dengan bros hati. Wanita senang menggunakan bros hati di pakaiannya untuk mempermanis penampilannya dan hati adalah bentuk yang paling banyak digunakan. Hati selalu dilambangkan dengan cinta dan gambar hati merupakan gambar yang begitu banyak digunakan sebagai pendorong semangat atau perhatian kepada orang lain. So, mengapa kita tidak menjadikan perhatian kita seperti bros hati yang selalu dipakai untuk mempermanis penampilan.


5. Jangan lupa tersenyum

Senyum akan membuat kita terlihat sehat, bahagia dan bersahabat. Iklan pepsodent yang ditayangkan akhir-akhir ini begitu pas dan sangat indah menggambarkan bagaimana senyum membuat hidup lebih indah. Senyum itu menular lho dari satu orang ke orang lain, jadi setiap hari coba mulai dengan senyuman. Ngga percaya coba saat ini keluar dari tempat dudukmu dan senyumlah kepada orang pertama yang berpapasan denganmu lalu perhatikan orang tersebut, saya jamin dia juga akan tersenyum kepada orang yang berpapasan dengannya. Percaya ngga senyum dapat meluruhkan kemarahan orang, saat berhadapan dengan rekan yang marah coba perlihatkan senyum indahmu setidaknya kemarahannya sedikit mereda tetapi jangan terlihat mengejek lho karena ini bukanlah senyuman.tulus. Banyak program dilakukan berbagai perusahaan melalui kampanye senyum untuk menarik simpati sampai tak terhitung acara tv yang dibuat untuk membuat orang tersenyum dari yang biasa sampai ekstrem seperti jail di Trans tv, tawa Sutra, tokoh Jeng Kelin atau acara luar negeri candid camera. Tips ini dilambangkan dengan Pepsodent, ini bukan iklan lho tetapi produk satu ini memang secara konsisten mengkampanyekan senyum. Hayo 1, 2 , 3 smile you are in candid camaera hehehe.


6. Ingatlah nama orang lain dengan baik dan benar

Nama bagi orang indonesia adalah pemberian yang penuh arti. Ada acara selametan tersendiri untuk nama tersebut bahkan ada budaya di daerah di Indonesia dimana nama menunjukan nasib seseorang. Ada yang berganti nama karena dianggap membawa hal buruk. Artis-artis di Indonesia banyak yang ganti nama sehingga lebih commercial. Orang tua memberi nama tidak asal kasih tetapi ada maksud dan artinya. Saat kita bertemu dengan seseorang, rekan kita usahakan untuk menyebut namanya, karena dengan menyebut nama akan terasa lebih akrab. Banyak dari kita terbiasa dengan panggilan Mas....mas atau bang-bang atau mbak...mbak tanpa menyebut nama, akibatnya orang yang kita maksud malah bingung. Pernah membaca permintaan maaf dari media yang salah menyebutkan nama tokoh tertentu? Iya salah menyebut nama apalagi dampaknya nasional akan mengakibatkan kemarahan bagi tokoh tersebut. Ada beberapa orang yang sulit mengingat nama orang tetapi sangat kuat mengingat wajah dan sebaliknya tetapi usahakan menyebut nama seseorang dengan baik sehingga tips nomor 1, 2, 3, 4, dan 5 tidak sia-sia dipraktekan karena kesalahan menyebut nama. Tip ini diwakili oleh papan nama. Saat ini orang memperkenalkan diri dengan saling menukar kartu nama atau ada yang langsung menanyakan kartu nama bukannya nama orang, hal ini agar orang tersebut dapat menyebutkan nama dengan benar. Banyak dari kita akhirnya kemana-mana membawa kartu nama untuk memudahkan orang lain mengingat namanya.


7. Jadilah pendengar yang baik bagi orang lain

Saat bersama dengan orang lain cobalah untuk mendengar lebih banyak dibandingkan dengan bicara. Hindari memotong pembicaraan karena akan terkesan kurang sabar, kurang sopan dan rekan yang kita ajak bicara menjadi tidak memiliki minat untuk berbicara dengan kita. Coba seimbangkan antara berbicara dan mendengar kalau bisa pahami pembicaraan orang lain terlebih dahulu sebelum kita berbicara. Yang dibutuhkan disini adalah tingkat kepahaman kita terhadap pembicaraan orang lain bukan hanya sekedar dengar sehingga bingung saat di tanya balik. Dalam komunikasi peran mendengarkan mendapat porsi yang lebih karena komunikasi akan berjalan dengan lancar apabila kita mendengar orang lain dengan baik. Coba perhatikan fisik kita, kita memiliki 2 telinga dan satu mulut untuk bicara, saya kog yah mengganggap Tuhan menciptakan ini supaya kita lebih banyak mendengar dari pada bicara. Banyak dari kita menjadi NATO, no action talk only, hal ini karena kita terlalu banyak porsi bicara dari pada mendengar, so mulai lah dengan mendengar orang lain sebelum menanggapinya. Coba pakai ear phone atau headset dari handphone atau Mp3 player, kita akan dengan tenang mendengar lagu yang diputar dengan efek-efek dari musiknya dan bunyi-bunyi lain disekitar kita menjadi berkurang karena kita hanya mendengar lagu melalui earphone/headset tersebut. Inilah yang menjadi lambang untuk tips nomor 7.


8. Ajaklah orang lain berbicara sesuai dengan minatnya

Apa yang terjadi saat seorang teman anda mengajak berbicara atau berdiskusi mengenai sesuatu yang anda sukai atau minati? Pasti pembicaraannya seru dan menyenangkan tentunya. Yah berbicara mengenai minat kita akan membuat kita bersemangat menanggapinya. Nah pernah merasakan situasi dimana kamu diajak berbicara sesuatu yang kamu tidak minati? Hmmmm bete dong yah hehe, kalaupun pembicaraan terjadi anda pasti merespon dengan ogah-ogahan kecuali karena ada tujuan atau tugas yang mesti dilakukan misalnya mendengar Dosen saat kuliah. Rasanya beda lho passion-nya saat minat selaras dengan dengan pembicaraan kita. So ajaklah orang lain berbicara sesuai dengan minat orang tersebut agar dalam memulai suatu hubungan menjadi lebih lancar. Apa yang membuat orang lain menyukai kita pada awal suatu hubungan yaitu saat kita mengajak orang lain untuk berbicara apa yang menjadi minat orang tersebut. Ini akan lebih nyambung dibandingkan dengan kita memaksakan minat kita untuk dibicarakan dengan orang lain. Coba perhatikan penyanyi yang sedang memegang microphone suaranya terdengar mantap dan ada dimana-mana dalam ruangan tersebut. Ini menjadi lambang tips yang kedelapan yaitu Microphone. Saat kita memberikan microphone kepada orang lain maka kita siap mendengar apapun yang dibicarakannya.


9. Anggap semua orang penting.

Ada pepatah bule menyatakan ”Don’t judge the book by it’s cover” ini menunjukan penampilan luar bukanlah segala-galanya tetapi kualitas yang ada didalam diri seseorang yang lebih penting. Menganggap remeh menjadi momok bagi kita saat bertemu dengan orang lain. Penampilan fisik kadang menjadi standar kita untuk menilai orang lain. Saat ini penampilan fisik bukan lagi jaminan kualitas pribadi seseorang. Menganggap orang lain sebagai pribadi yang berguna dan bermakna dan mengakui setiap orang memiliki keunikan akan lebih dihargai orang lain. Mengapa kita ragu saat melihat seseorang yang kita temui karena sesuai dengan bayangan kita. Kenali dulu orangnya kemudian baru menilainya. Anggap semua orang masuk kategori VIP( Very Important Person). Inilah lambang tip nomor 9.


10. Selingi pembicaraan anda dengan humor

Berbicara terlalu serius dengan seorang akan membuat suasana menjadi kaku, tegang Cobalah untuk diimbangi dengan sedikit humor. Memang tidak semua orang bisa humor tetapi umumnya orang menyukai situasi yang rileks dengan sedikit campuran humor. Orang lain akan lebih tertarik mendengar sesorang berbicara dengan campuran humor atau dibawakan dengan santai dibandingkan dengan pembicaraan yang monoton. Saya selalu ketawa apabila lihat Aming makanya Aming menjadi lambang dari tips nomor 10.




Related Post:

1 komentar:

Yang Keren Komend Dong..?