Translate Di Sini.......

Jumat, 06 Juli 2012

Mengenal Teknologi Cloud Computing




Kata-kata cloud computing akhir-akhir ini cukup menjadi tren di dunia teknologi informasi. Supaya tidak terlalu tertinggal, tidak ada salahnya mengintip sedikit tentang
komputasi awan ini. Cloud sendiri atau yang berarti awan sering digunakan sebagai simbol internet di infrastruktur jaringan.


Cloud computing kurang lebih adalah komputasi yang dilandasi oleh internet, dimana sumber daya yang dibagi, perangkat lunak, dan informasi disediakan ke komputer dan mungkin gadget lainnya sesuai permintaan, mirip dengan jaringan listrik. Cloud computing adalah evolusi alamiah dari berkembangnya teknologi virtualisasi, arsitektur berdasarkan layanan dan komputasi utilitas.


Karena berada di “awan” atau internet, semua detail teknis dijauhkan dari konsumen atau user. Konsumen atau user tidak perlu lagi memiliki pengalaman atau keterampilan khusus mengenai infrastruktur teknologi di komputernya, karena semuanya sudah ada di “awan”. Kita tinggal memanfaatkannya.


Dari semua definisi dan keterangan diatas, memang paling mudah adalah menggambarkan melalui contoh. Cloud computing saat ini sedang terus dikembangkan oleh banyak perusahaan raksasa di Internet. Salah satu yang paling agresif mengembangkan layanan Cloud Computing adalah perusahaan raksasa pencari, Google. Aplikasi cloud computing milik Google yang paling mudah dikenali saat ini adalah Google Docs, Picnik.



Dengan cloud computing, kita tidak perlu takut kehilangan data karena semua data kita ada di “awan”. Misalnya suatu saat komputer kita rusak, hancur, jatuh, terbakar, hilang, dan sebagainya, kita tidak perlu panik. Cukup memanfaatkan komputer lain, kemudian login ke layanan cloud yang digunakan. Data anda tetap tersimpan di “awan”.


(Sumber: Poskota.co.id)

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Keren Komend Dong..?