Sambil menunggu masa uji coba website selesai, saya coba posting artikel tentang proses hadirnya website mediawarna ini. Sebenarnya domain dan hosting mediawarna.com sudah ada kurang lebih sekitar 2 tahun, namun saat itu konsep desain awal hanya berupa company profile saja dan penjualan utama masih tetap secara offline, bahkan satu tahun terakhir sama sekali tidak pernah terupdate dan akhirnya mati suri.
Enam bulan terakhir saya kembali coba untuk menyusun ulang konsep yang cocok untuk website saya ini, terlepas dari keinginan untuk memiliki blog agar dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman selama saya menjalankan usaha, mediawarna.com tidak bisa lepas dari fungsi utamanya sebagai media promosi perusahaan. Bidang usaha percetakan dan display promosi memiliki produk yang sangat beragam dan spesifikasi yang cukup rumit, mengambil keputusan untuk membuat webstore sebenarnya akan beresiko dan pastinya waktu untuk persiapan yang dibutuhkan jadi lebih panjang. Tapi kalau tidak dicoba (dengan sedikit nekat) kapan mau berhasilnya? Mental itu juga yang bikin saya bikin saya kecebur dan akhirnya menikmati bisnis ini.
Pekerjaan berat dimulai dengan;
1. Merencanakan pembagian tugas dan prosedur standar operasional pengelolaan website.
2. Desain web, membuat standard spesifikasi produk, katalog dan beberapa program promosi.
3. Upload produk serta konsistensi dalam menjalankan semua rencana agar website tetap terupdate.
Proses penyusunan SOP dan pembagian tugas tidak teralu banyak mengalami kesulitan, yang cukup berat adalah membuat standard produk yang jumlahnya sangat banyak. Kemudian desain website dan menyusun artikel apa saja untuk halaman blog, nah untuk yang ini saya sendiri yang mengerjakan karena memang dasarnya saya coba mau praktek hobi baru. Sebenarnya ada rasa khawatir karena website akan mewakili nama perusahaan, bagaimana kalau hasil desain tidak memuaskan mata dan membuat pengunjung jadi tidak betah apalagi berbelanja? Bagaimana kalau tulisan artikel saya teralu santai dan tidak mengesankan layaknya representasi sebuah perusahaan? Lebih parah lagi bagaimana kalau tulisan saya akhirnya membuat pengunjung jadi tidak percaya dengan brand Mediawarna? Hmm.... Semua rencana dan hitungan pasti ada resikonya, buat saya yang terpenting adalah saya bisa berkomunikasi dengan pengunjung mediawarna.com dan yang lebih utama lagi, semoga blog ini bisa jadi tempat mencari ilmu untuk yang sedang belajar atau berniat terjun ke bisnis yang sama dan tempat berbagi ilmu dari siapapun pengunjung yang datang ke blog website ini.
Pekerjaan berikutnya adalah memodifikasi template simplicity_ii menjadi sesuai dengan warna dan karakter mediawarna. Kemampuan coding dan pengetahuan saya akan css sangat minim sekali, jadi jangan heran kalau waktu yang saya habiskan untuk membuat desain ini cukup lama *hiraukan, ini hanya pembenaran terhadap kekurangan saya, hehehe*.
Template dari Joomshaper ini sebenarnya adalah pilihan dari kesekian kalinya saya bongkar pasang template yang bukannya jelek tapi terasa kurang sesuai dengan karakter mediawarna. Tidak teralu banyak modifikasi yang diperlukan, karena simplicity_ii sudah terlihat cukup bagus dan tertata rapih saat saya jalankan bersama komponen Joomshoppingsebagai aplikasi shopping cart mediawarna, jadi sekarang saya bisa lebih fokus untuk memodifikasi Joomshopping agar sesuai dengan kebutuhan dari website saya ini. Hasilnya seperti yang bisa Anda lihat di halaman beranda dan saat browsing produk, toko online yang simple tapi memenuhi semua fungsi cart yang dibutuhkan.
Selain dari Joomshopping ada software ecommerce Joomla lainnya yang sangat populer seperti Virtuemart, dengan kompleksitasnya virtuemart bisa menjadi referensi apabila ingin membangun sebuah toko online yang berskala besar.
Sambil mengerjakan desain, sedikit demi sedikit katalog produk yang akan di upload mulai disusun oleh tim marketing Mediawarna. Proses pengerjaannya hampir bersamaan dan selama proses itu berjalan banyak perbaikan yang yang dilakukan agar website ini nantinya bisa berjalan dengan baik dan tidak mengecewakan pengunjungnya. Kesalahan dan kekurangan membuat saya dan kami semua yang berada di Mediawarna kembali belajar dan terus belajar agar menghasilkan yang terbaik dan semoga Mediawarna.com akan menjadi percetakan dan penyedia produk display promosi online yang besar, terus menghasilkan produk produk berkualitas serta layanan terbaik untuk semua pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Yang Keren Komend Dong..?