Translate Di Sini.......

Jumat, 05 April 2013

Persiapan - Persiapan Untuk Tes Masuk Akpol

Hai sobat, di blog ku ini aku akan berbagi pengalaman dan tips untuk masuk angkatan baik itu Akpol, mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan, syarat pendaftaran,gambaran mengenai urutan seleksi, dan tentunya tips lolos seleksi . . .

oke, yang aku mau share yang paling detail disini adalah seleksi masuk akpol, karena sesuai dengan pengalaman ku, namun sayang aku gagal pada tahapan seleksi di Pemeriksaan Kesehatan 2 di tingkat Panda (Daerah), tapi aku tetap semangat dan akan terus berusaha . . Ya, aku disini share tentang seleksi yang tidak KKN, dan semoga bermanfaat buat sobat-sobat yang ingin mendaftar angkatan . . .

Ya, langsung aku share ya urutan seleksi tes masuk akpol dan penjelasannya, ya berdasarkan pengalaman ku dan temen-temen ku yang sudah lulus tes, terus dilanjutkan dengan syarat pendaftaran, dan tips lolos seleksi...

1. Daftar & Rikmin Awal (Pemeriksan adminitrasi awal)Di bagian ini kita mempersiapkan berkas-berkas yang menjadi persyaratan masuk akpol, mulai dari form pendaftaran, ijazah & Skhun SD sampai SMA, Kartu Kelurga,Akta Kelahiran ,KTP, SKCK, surat keterangan dokter, daftar riwayat hidup, surat permohonan menjadi anggota POLRI, surat pernyataan orang tua, surat persetujuan orang tua, surat pernyataan tidak pernah menikah, surat perjanjian ikatan dinas pertama, surat tak terikat dengan perusahaan/instansi, dan surat sanggup diterima diseluruh wilayah indonesia dan tentunya semua surat tersebut difotokopi rangkap 5 dan copyannya dilegalisir oleh pihak yang berwenang (Kelurahan/kecamatan) karena untuk melengkapi Pemeriksaan Administrasi Akhir di akhir seleksi tahap Panda. Dan setelah itu berkas-berkas tersebut dibawa ke POLDA dan mulai lah Rikmin awal yaitu perinciannya sebagai berikut :

A. Pemeriksaan Tinggi Berat & Badan 
Disini akan diperiksa tinggi dan berat badan anda, bagi cowok minimal tinggi adalah 163Cm, dan cewek 160 cm. berat badan menyesuaikan dengan tinggi (Tinggi badan-110cm). setelah selesai, tahap selanjutnya adalah pemeriksaan adm. awal.

B. Pemeriksaan Berkas-berkas peserta
Disini kelengkapan berkas akan diperiksa, mulai dari ijazah dan semua yang aku uda jelasin diatas dibawa semua yang Asli dan Copyannya ingat masing2 dirangkap 5 legalisir dan disisakan rangkap 4 untuk disimpan dirumah karena untuk pemeriksaan admnstrasi akhir. (tergantung kebijakan polda masing2).

C. Dapat Kartu Peserta
Setelah pemeriksaan berkas dan berkas tersebut sudah sesuai dengan persyaratan sudah barang pasti anda akan mendapat kartu peserta atau bahasa yang sering menjadi acuan adalah (Nomor panda). Jika belum memenuhi persyaratan, anda pasti disuruh pulang untuk melengkapi berkas sampai persyaratannya sesuai. Setelah mendapat nomor panda, itu artinya anda lolos rikmin awal dan siap-siap menuju seleksi selanjutnya yaitu Pemeriksaan Kesehatan .

2. Pemeriksaan Kesehatan Disini anda sobat-sobat akan diperiksa kesehatannya yang bagian luar saja mulai dari Pemeriksaan Tinggi & berat badan, Telinga Hidung Tenggorokan, Gigi, Mata, Buta warna, Tekanan darah dan tensi, varises, varikokel, bentuk kaki (X atau O), ambeien, , penyakit kulit, bagi yang cewek mungkin cek Virginitas dan lain-lain. Dan tentunya peserta seleksi jauh jauh hari dianjurkan untuk periksa kesehatan sendiri ke dokter, jangan menunggu seleksi akpol, karena peserta tidak akan tau apakah peserta punya penyakit atau tidak. karena mempunyai 1 penyakit saja akan memperkecil peluang untuk lolos.

3. Uji Psikologi Setelah pengumuman Pemeriksaan Kesehatan 1, bagi yang lolos selanjutnya akan menghadapi tes psikologi, dan bagi yang tidak lolos kesehatan 1 dinyatakan gugur. Di tahap ini berbagai tes akan anda hadapi berikut rinciannya . . .

A. Paket 1
- Tes Bakat Skolastik, Tes deret angka, Tes pola gambar, Tes kemampuan Kuantitatif, Tes penalaran dan yang pasti berhubungan dengan IQ.

B. Paket 2
- Yaitu tes Pauli atau biasa disebut tes koran yaitu dimana disediakan lembar yang besar berisi angka2, dan disuruh menghitung cepat.

C. Paket 3
- Tes kepribadian atau yang lebih berhubungan dengan EQ.

Setelah itu menunggu pengumuman, biasanya di tes psikologi ini peserta akan di eliminasi paling banyak 1/3 jumlah peserta yang lolos.Dan itu menandakan apakah peserta itu kompeten atau tidak.

4. Uji Akademik Setelah lolos tes psikologi, selamat karena anda akan menghadapi tahap selanjutnya yaitu Uji Akademik.
Uji Akademik ini terdiri dari :
A. Tes Pengetahuan Umum & Bahasa Indonesia
B. Tes Matematika

Di uji akademik ini anda akan diuji kemampuan akademik anda, dan tentunya tingkat kesulitan uji akademik ini sulit. Dan pengumuman eliminasi sama seperti psikotest yaitu 1/3 dari peserta uji akademik. Dan bila anda lolos Uji Akademik, anda berhak ke tes selanjutnya yaitu Pemeriksaan Kesehatan 2.

5. Pemeriksaan Kesehatan Setelah menjalani perjalanan panjang, akhirnya anda keluar dari fase berbau akademik dan selanjutnya adalah Rikkes 2 ( pemeriksaan kesehatan 2 ). Disini peserta Rikkes 2 sudah semakin sedikit, karena makin ketahap selanjutnya, makin sedikit jumlah pesertanya. di Tes kesehatan 2 ini akan diperiksa kesehatan bagian dalam sebagai berikut :
- Periksa Urine : terkena penyakit ginjal, kencing batu/manis atau tidak.
- Periksa Darah, meliputi asam urat, kolesterol, gula darah, Hb, lemak darah , trigliserol dan lain-lain.
- Rontgen : apakah paru anda flek atau tidak, ada penyakit yang tumbuh di organ dalam anda atau tidak.
- EKG (Rekam Jantung) : Kondisi jantung baik atau tidak.

Setelah lolos pemeriksaan Kesehatan 2, tentunya anda akan menghadapi tes yang tentunya dirasa berat bagi sebagian peserta, yaitu Uji Jasmani (Kesamaptaan).

6. Uji Jasmani (Kesamaptaan):. Lari 12 Menit
Usahakan dalam 12 menit anda sudah mengantongi minimal 6x keliling lapangan, dan tentunya saat anda lari anda tidak boleh berhenti atau kecepatannya tidak konstan. bagi yang cewek minimal ngantongin 5x keliling lapangan. Dalam tes lari, point di tes lari paling tinggi, jadi usahakan semaksimal mungkin.

B. Renang
Selanjutnya adalah renang, untuk gaya terserah mau gaya apa saja boleh, asal mencapai jarak 25 m dalam kurun waktu kurang dari 1 menit. jika lewat dari 1 menit, anda tidak akan mendapat point.

C. Push Up & Sit Up
Cukup jelas, tapi dengan catatan dengan sikap sempurna push up dan sit upnya.

D. Pull Up (Rangen)
Dengan catatan bagi anda yang tidak bisa push up sudah otomatis anda juga ga bakal bisa pull up, menurutku ini tes yang paling berat dari semua tes jasmani. Untuk yang cewek pull up nya beda dengan cowok.

E. Shuttle Run
Ya, berlari mengelilingi angka 8 sebanyak 3 kali dengan kurun waktu kurang dari 20 detik, simple tapi butuh kecepatan yang ekstra. 

Setelah melalui tes jasmani yang melelahkan, dan bagi anda yang lolos selamat, karena anda akan melakukan seleksi tahap akhir tingkat panda, yaitu Pemeriksaan Administrasi Akhir.

7. Rikmin Akhir (Pemeriksaan administrasi akhir)Setelah melalui perjalanan panjang, ya kurang lebih dari rikmin awal ke rikmin akhir sekitar 3 mingguan, anda masuk tahap terakhir di tingkat panda yaitu Pemeriksaan administrasi akhir. Tapi jangan senang dulu, karena Rikmin Akhir bukan hanya pemeriksaan berkas2 yang uda di copy rangkap 4 tersebut, tetapi masi ada juga tes-tes lagi, berikut agenda tahap Administrasi akhir :

A. Pemeriksaan kelengkapan berkas yang sudah dicopy dan dilegalisir rangkap 4 oleh peserta
Disini, berkas yang anda simpan dirumah yang copy rangkap 4 tersebut akan diminta lagi oleh petugas seleksi, jadi berkas yang utama (bukan copyan) akan dikirim ke pusat (semarang) dan yang copyan mungkin untuk arsip polda dan Mabes Polri.

B. Tes Penelusuran Bakat, Mental & Kepribadian (Wawancara)
Ya, nama populernya tes wawancara, disini anda akan di interview segala hal tentang anda yang mengacu kepada ideologi anda dan negara.

C. Tes Penampilan
Disini anda akan diuji bagaimana penampilan anda, layak atau tidak.

D. Tes Antopometrik
Tes antopometrik, yaitu anda akan di uji kelainan bentuk tubuh/postur tubuh anda apakah mempunyai kelainan atau tidak.

E. Tes Kejiwaan
Ya, tes kejiwaan apakah jiwa anda mengalami gangguan atau tidak (layak jadi polisi/tentara atau tidak).

Setelah Pemeriksaan akhir selesai, anda tinggal menunggu hasilnya, dan pasti anda akan senam jantung, karena setelah ini tinggal penentuan apakah anda lolos atau tidak ? good luck.

8. Sidang Kelulusan Panda (Pantukhir Daerah/Pantukhir tingkat panda)Ya, saat yang mendebarkan, karena pada tahap ini adalah saksi perjuangan anda selama ini di tingkat panda, anda lolos atau tidak. Biasanya Panda (panitia daerah) akan mengirim kurang lebih 10 peserta untuk dikirim ke semarang (tergantung kuota polda masing2). Sidang kelulusan Panda berdasarkan keputusan Kapolda.

Apabila anda dinyatakan lolos dan masuk kuota, anda patut bersyukur tapi anda juga jangan senang dulu karena ini baru awal perjuangan anda menjadi taruna akpol.

9. Seleksi Pusat Ya, seleksi pusat yaitu anda akan dikirim ke semarang, dan lagi-lagi anda harus mengulangi lagi perjuangan anda seperti di tingkat panda. Di semarang anda akan diadu oleh peserta dari seluruh Indonesia, dan yang pasti akan ada eliminasi lagi, dan kelulusan panda bukan hasil final,anda masih harus berjuang disini. Berikut Agenda seleksi tingkat pusat.

A. Pemeriksaan Administrasi Pusat
B. Pemeriksaan Kesehatan Pusat (Rikkes 3)
C. Uji Psikologi Pusat (Berpotensi Tes Menggambar)
D. Uji Akademik Pusat (Berpotensi tes Bahasa Inggris)
E. Uji Jasmani Pusat
F. Rikmin Akhir Pusat
G. Sidang Kelulusan Akhir

10. Sidang Kelulusan Akhir (Pantukhir Akhir)Ya, Tahap ini adalah eliminasi kurang lebih 3 sampai 4 orang dari peserta yang dikirim panda, misal dari panda mengirim 10, yang berhak menjadi Taruna Akpol adalah yang 7 orang yang lolos seleksi pusat, dan yang 3 tersebut dinyatakan gugur/ tdk memenuhi syarat oleh pusat. Sampai akhirnya jumlah total peserta yang resmi menjadi taruna akpol 250 orang laki-laki dan 50 orang wanita, seluruh indonesia.

Ya mungkin itu tadi urutan seleksi masuk akpol beserta penjelasannya, Mungkin bagi yang mau masuk Akademi Militer, AAL, maupun AAU test nya tidak jauh-jauh dari test akpol tersebut, Cuman ya pasti lebih berat daripada akpol. Ya, mungkin itu sedikit gambaran bagaimana tahapan2 seleksi akpol, semoga bisa dijadikan acuan, dan semoga bermanfaat.

Sumber : http://mrevilscaner.blogspot.com

Related Post:

3 komentar:

Yang Keren Komend Dong..?