Translate Di Sini.......

Selasa, 06 November 2012

Tips - tips Menjaga Anak Bagi Orang Tua

Apakah anak anda bergaul dan berkecimpung dalam lingkungan yang baik dan positif. Apakah anda mengetahui siapa saja yang menjadi teman bermainnya?

Kedua pertanyaan di atas rasanya tidak akan bisa dijawab oleh orang tua yang kesehariannya sibuk bekerja dan hanya sedikit waktu saja yang diluangkan untuk anaknya. Kebanyakan para orang tua mungkin akan menjawab bahwa anaknya bergaul dan berada di lingkungan pergaulan yang baik dan positif, jadi biarkan saja mereka bergaul, daripada diam di rumah.

Tahukah anda? Kalau lingkungan yang tidak baik bisa membuat anak anda rusak!! Maka dari itu Anda harus mengetahui cara menjaga anak dari lingkungan yang tak baik tersebut, agar anak anda bisa tumbuh dan berkembang secara positif dan menjadi kebanggan orang tuanya ketika besar nanti.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga anak dari lingkungan yang tak baik dan tidak terjerumus dalam pergaulan yang negatif. Mari kita bahas bersama sama supaya anak anda tidak terjerumus darai lingkungan yang tak baik, apa lagi zaman sekarang banyak sekali anak - anak yang terjerumus kasus - kasus yang kurang baik seperti Sex Bebas & Narkoba.!! Langsung aja baca cara - cara di bawah ini


1. Perhatikan dan Kenalilah dengan baik teman dari anak anda
Anda bisa mengetahuinya dengan sering mengobrol dan meluangkan waktu dengan anak anda. Jika suasana obrolan terasa santai dan bersahabat, maka anak anda pun tidak akan sungkan sungkan untuk menceritakan segala aktifitasnya sehari hari di luar rumah, siapa saja yang
menjadi temannya, apa yang mereka lakukan dan kemana saja mereka bermain.

Dari situ anda sudah mengenal siap saja yang menjadi teman anda. Untuk temannya datang ke rumah. anda bisa mengadakan jamuan makan siang atau acara lainnya.

Sebagai orang tua pastinya anda bisa mengetahui kepribadian dan karakter teman anak anda dari paduan cara berpakaiannya, wawasannya dalam berbicara, serta tingkah lakunya. Lakukan hal ini beberapa kali sampai anda bisa mengetahui dengan pasti bagaimana sebenarnya sifat teman anak anda.


2. Berikan pemahaman kepada anak anda

Menjaga anak dari lingkungan yang tak baik memang menjadi tanggung jawab besar anda sebagai orang tua. Karena itu, apun harus bisa mengarahkan tentang cara bergaul yang baik serta cara memilih lingkungan pergaulan yang sehat.

Berikan pemahaman tentang efek negatif dari teman yang kurang baik, sarankan dia agar jangan sampai bergaul terlalu jauh dengan orang orang seperti itu dengan kesan menyarankan tanpa unsur paksaan, agar anak Anda bisa menerimanya dengan positif.


3. Sarankan teman dan lingkungan yang menurut anda baik

Jika anda mempunyai seorang teman atau tetangga yang mempunyai anak yang seumur dengan anak anda, maka bisa anda sarankan agar anak anda berteman dengan anak teman anda! Tapi pastikan anak dari teman anda tersebut memiliki sifat dan karakter yang baik.

Menjaga anak dari lingkungan yang tak baik dengan cara ini bisa membuatnya tidak mencari pergaulan dan teman bermain semaunya. Tapi, atur skenario agar pertemuan mereka terjadi seperti tanpa disengaja dan dipaksakan, misalkan dengan mengajak anak anda makan siang atau berlibur bersama teman anda yang juga membawa anaknya.

Biarkan mereka saling mengenal, sementara anda bisa berdiskusi dan mengobrol dengan teman anda. Demikian beberapa tips menjaga anak dari lingkungan yang tak baik.
Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Dan jangan lupa tinggalkan komentar anda & likenya juga di butuhkan di bawah ini. XD

Sumber : http://www.perempuan.com

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang Keren Komend Dong..?