Translate Di Sini.......

Minggu, 02 September 2012

Penyakit yang Akibat Musim Kemarau dan Cara mengatasihnya

Musim kemarau tiba tentu akan timbul berbagai penyakit. Penyakit musim kemarau harus diwaspadai karena dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang di musim kemarau. Jadi mukin saya akan memberikan informasi-informasi kepada anda semua Penyakit yang Akibat Musim Kemarau dan Cara mengatasihnya. Langsung saja baca di bawah ini


1. Penyakit saluran pencernaan 

Ada beberapa jenis penyakit saluran pencernaan yang sering muncul di musim kemarau, diantaranya diare dan kolera. Kualitas air yang tidak bersih disertai makanan yang tercemar dapat memicu timbulnya penyakit saluran pencernaan. Untuk mencegahnya perlu menjaga kebersihan lingkungan dan apa yang Anda konsumsi, dimulai dari hal kecil seperti mencuci tangan sebelum makan dan tidak jajan sembarangan.


2. Penyakit kulit

Musim kemarau dapat menyebabkan stock air terbatas dan tercemar, sehingga tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan
pencernaan tetapi juga kulit. Infeksi kulit seperti gatal-gatal yang jika berlarut dapat menjadi bisul dan bisul bisa berakhir menjadi borok.

3. Infeksi saluran kemih 

Jika Anda memiliki riwayat pernah terkena infeksi saluran kemih, di musim kemarau kemungkinan untuk kambuh akan lebih besar. Hal ini disebabkan cuaca panas dan kurang mengkonsumsi air. Jika Anda kurang mengkonsumsi air dapat menyebabkan air seni lebih kental, kristal pembentuk batu lebih berpeluang untuk mengendap, terlebih jika disertai dengan infeksi.

Perbanyaklah konsumsi air di musim kemarau untuk menghindari penyakit ini serta menjaga kelembaban kulit.

4. Radang rongga hidung dan sesak nafas 

Udara berdebu pada musim kemarau menyebabkan radang rongga hidung, terlebih jika Anda memiliki rongga hidung lemah dan mudah terkena alergi. Debu dapat menumbuhkan kerak-kerak tidak nyaman di rongga hidung. Semakin dikorek, kerak ini akan semakin menjadi.


Musim kemarau pun tidak bersahabat bagi Anda pengidap asma. Udara kering berdebu terbawa angin akan memperburuk penyakit asma sehingga menambah resiko terserang infeksi pernafasan. Gunakan masker untuk menutupi saluran pernafasan setiap kali Anda keluar rumah.


5. Penyakit mata merah

Udara kering dan berdebu juga dapat menyebabkan wabah penyakit mata merah. Hindari mengucek-ngucek mata, dan gunakan saputangan atau tisu jika mata terasa gatal. Jika mata mendadak seperti kelilipan atau terasa ada yang mengganjal, kemungkinan merupakan awal infeksi mata merah. Segera obati jika keluhan terus berlanjut dan di putih mata mulai menampakkan kemerahan.

Penyakit mata merah belum bisa dikatakan infeksi jika tidak disertai nyeri, banyak keluar air mata dan kotoran mata. Namun, jika Anda benar-benar terkena infeksi mata harus menggunakan obat tetes mata antibiotika, dan hindari mengobati dengan obat tetes warung.

Untuk memelihara kebersihan bola mata, biasakan untuk membersihkan bola mata menggunakan larutan boor water yang bisa dibeli bebas di apotek. Gunakan gelas atau wadah khusus pencuci bola mata yang steril.

Lindungi diri Anda dan orang-orang tersayang dari penyakit musim kemarau dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Dan semoga dengan informasi yang saya berikan ini dapat mencega atau mengatasi penyakit-penyakit tersebut, jagan lupa tinggalkan pesan anda dan di like juga yaaaa:D

Sumber : http://www.melindahospital.com

Related Post:

1 komentar:

  1. gan gan agannn.. lihat di chat box.. udah saya balas tu.. saya gak pasang banner.. saya pasang link agan di side bar.. udah dari tadi saya balas.. silhakan di cek di side bar...

    BalasHapus

Yang Keren Komend Dong..?